8.8.14

Kelas Cat Air Tobucil & Klabs 2014



Lokasi: TOBUCIL & Klabs. Jl. Aceh no. 56, Bandung. Telepon (022) 4261548
Waktu: Hari Sabtu & Minggu tanggal 4-5 dan 11-12 Oktober
Mentor: R.E. Hartanto
Keterangan Rinci:

Total 4 (empat) kali pertemuan. Tiap pertemuan berlangsung sekitar 2 jam.

Kelas Pemula ditujukan untuk mereka yang punya hobi seni rupa walaupun tidak punya latar belakang akademik seni rupa, yang merasa “tidak bisa” gambar, baru mulai mencoba berkarya dengan cat air atau belum pernah sama sekali menggunakan cat air. Berguna untuk mereka yang masih bingung saat menggunakan media cat air yang “sulit dimengerti” dan tidak tahu harus mulai dari mana saat berkarya dengan cat air. Kelas Pemula bertujuan untuk memperkenalkan peserta pada watak-watak dasar cat air yang transparan, mengenali warna individual, percampuran warna dan tata-cara praktis tahap-demi-tahap menggunakan cat air.
Peserta Kelas Pemula: 10 orang x 2 kelas (total 20 orang).
Kelas Pemula Pagi antara pukul 09.00 – 11.00 WIB (harap sarapan sebelum kelas dimulai)
Kelas Pemula Siang antara pukul 12.00 – 14.00 WIB (harap makan siang sebelum kelas dimulai)
Kelas Pemula akan diberi kertas Reform 120 gsm (kertas Padalarang) untuk berlatih dan kertas Cougar 216 gsm untuk karya akhir.
Biaya untuk Kelas Pemula: Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah)

Kelas Lanjutan ditujukan untuk mereka yang memiliki latar belakang seni rupa akademik/autodidak. Untuk mereka yang bisa menggambar (termasuk mereka yang sudah menekuni dunia seni rupa sebagai profesi) namun belum punya jam terbang tinggi berkarya dengan media cat air sehingga masih menganggap cat air “sulit dikuasai”. Dengan bekal menggambar yang dimiliki, peserta Kelas Lanjutan tidak akan sulit untuk memahami watak transparan cat air sehingga mereka bisa fokus pada aplikasi teknik wash, broken colors, menerapkan aplikasi gelap-terang untuk membuat kedalaman, menerapkan teknik wet-on-wet dan wet-on-dry serta memahami “cara berpikir terbalik” saat berkarya cat air dengan memanfaatkan masking fluid.
Peserta Kelas Lanjutan: 5 orang per kelas. Tempat terbatas!
Kelas Lanjutan antara pukul 15.00 – 17.00 WIB
Kelas Lanjutan akan diberi kertas Cougar 216 gram dan kertas Canson Fine Face (cold press) 300 gsm untuk karya akhir.
Biaya Kelas Lanjutan: Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah)

Semua peserta, baik peserta Kelas Pemula maupun Kelas Lanjutan, diminta untuk membawa: pensil tipis untuk membuat sketsa; penghapus bila perlu; satu set cat air merk apa saja (lihat daftar tautan di bawah untuk rekomendasi jenis cat air yang bisa dibeli); kuas untuk melukis cat air (makin beragam makin baik); palet plastik atau keramik untuk mencampur cat; wadah penampung air (bisa gelas atau botol bekas selai) dan kertas tissue.

Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Rabu, 6 Agustus 2014, di Tobucil & Klabs. Pendaftaran akan ditutup saat kuota peserta sudah terpenuhi (20 orang Kelas Pemula & 5 orang Kelas Lanjutan). Tempat terbatas!

Bila masih ada yang kurang jelas berkaitan dengan materi kelas dan semua yang berhubungan dengan cat air, silakan hubungi saya via email (rehartanto@gmail.com). Mohon diingat, berkarya seni itu harus dinikmati. Percayalah, sesudah mengikuti kelas ini, media cat air akan jadi gampang dan menyenangkan. Oke, sampai bertemu di “Kelas Cat Air Tobucil & Klabs 2014″. :)

Pendaftaran hubungi Tobucil & Klabs Jl. Aceh No. 56 Bandung 022 4261548

Informasi dan bacaan/referensi tentang kelas cat air sila kunjungi tautan www.rehartanto.inf